Berita

PERINGATAN HARI BURUH ( MAYDAY ) DI KABUPATEN BANTUL 2018

Selasa Pon, 8 Mei 2018 15:45 WIB 228

foto

May Day atau Hari Buruh selalu biasanya diperingati dengan melakukan aksi demo untuk menyuarakan tuntutannya. Namun, para buruh di Bantul memilih cara yang berbeda dengan mengambil tema ‘Mayday Menuju Bantul Sehat, Cerdas, dan Sejahtera’.

Untuk memperingati Hari Buruh 1 May, sekitar 1.000 buruh di Bantul menggelar senam massal di lapangan Paseban, kompleks Pemerintah Kabupaten Bantul, Selasa (1/5/2018). Senam massal buruh ini juga diikuti Bupati Bantul Suharsono.

Selain senam, rangkaian acara lainnya donor darah, lomba membuat tumpeng, dan lomba futsal.

Ketua DPC KSPSI Bantul Ponijan mengatakan, peringatan May Day sengaja dilakukan dengan senam massal tanpa pengerahan massa yg frontal seperti di daerah lain.

"Tujuannya supaya ada proses dialogis antara buruh dan perusahaan sehingga buruh merasa senang,".

Terkait kondisi pekerja saat ini, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Bantul Ir. Heru Suhadi, MT, mengatakan pihaknya terus mensosialisasikan kepada perusahaan yang belum memberikan upah layak dan jaminan kesehatan Maupun Ketenagakerjaan.

Dalam sambutannya, Bupati menggelar aksi damai ini agar suasana Bantul tetap kondusif dan memberi penghargaan kepada para buruh.

“Tetapi kami tidak melupakan tuntutan yang diamanahkan kepada kami. Pemerintah berjanji untuk memenuhi tuntutan buruh tentang peningkatan kesejahteraan maupun pemenuhan berbagai jaminan oleh perusahaan. Hari ini yang penting semua senang-senang,” katanya.

Terlebih lagi, tahun depan Bantul akan memiliki kawasan industri di Piyungan yang menarik ratusan perusahaan berinvestasi. 

Pada tahap pertama akan dibuka 115 hektar  dan selanjutnya disiapkan 335 hektar untuk tahap ke dua.

Bupati Bantul Suharsono berharap kehadiran ratusan industri ini memprioritaskan warga Bantul, sehingga tidak ada lagi warga yang bekerja di luar daerah seperti Bekasi, Purwokerto, atau Batang untuk menjadi buruh ujar beliau, Selasa (1/5/2018).