Berita

PELATIHAN SOFT SKILL DI UPTD BALAI LATIHAN KERJA DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN BANTUL

Jumat Legi, 6 November 2020 13:44 WIB 169

foto

Tenaga kerja yang handal tidak hanya memiliki kemampuan teknis atau hard skill tetapi juga harus disempurnakan dengan soft skill. Apakah itu soft skill? Soft skill adalah kombinasi dari keterampilan orang, keterampilan sosial, keterampilan komunikasi, karakter atau sifat kepribadian, sikap, atribut karir, kecerdasan sosial dan kecerdasan emosional. Soft skill ini sangat penting dimiliki sebagai bekal seseorang dalam bekerja di industri maupun sebagai pekerja mandiri atau berwirausaha.

Pelatihan berbasis kompetensi yang dilaksanakan di UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul memadukan materi hard skill dan soft skill dalam kurikulumnya.  Salah satu materi yang diberikan kepada para peserta pelatihan adalah pembentukan karakter melalui kedisiplinan, pembentukan karakter dan wawasan kebangsaan.

Disiplin diperlukan selama para peserta mengikuti pelatihan agar dapat maksimal hasil pelatihannya. Demikian juga saat memasuki dunia kerja, dibutuhkan disiplin tinggi agar dapat menjadi tenaga kerja yang produktif. Sedangkan dalam dunia kerja mandiri, kedisiplinan diperlukan untuk membentuk citra yang baik dan profesionalisme di mata pelanggan atau pengguna jasa.

Kecerdasan sosial dan emosional membentuk kepribadian dan karakter seseorang sehingga mempengaruhi bagaimana seseorang dapat sukses berkomunikasi dan berinteraksi dengan rekan kerja, atasan maupun bawahan.

Materi soft skill selalu dikemas secara menarik sehingga para peserta merasa terkesan dan dengan mudah dapat menyerap sekaligus menerapkannya baik selama pelatihan maupun sebagai persiapan setelah lulus pelatihan untuk diaplikasikan saat bekerja nanti.

Diharapkan alumni pelatihan UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul memiliki nilai plus yaitu tenaga-tenaga kerja yang berkarakter yang merupakan nilai lebih dibanding tenaga kerja lainnya.


Info COVID-19

Sosial media

 

 

Tautan

Pengunjung
  • Pengunjung: 2425174
  • Online: 14
  • Hari ini: 841