Berita

EKSKLUSIVITAS GENDER PESERTA pada KEJURUAN TERTENTU di PAKET PELATIHAN UPTD BALAI LATIHAN KERJA DINAS TENAGA KERJA dan TRANSMIGRASI KABUPATEN BANTUL

Jumat Pon, 13 November 2020 14:11 WIB 312

foto

Terdapat femonena eksklusivitas gender pada kejuruan tertentu di dalam pelatihan-pelatihan yang diselenggarakan oleh UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul.

Misalnya untuk kejuruan Menjahit dan Tata Boga, semua pesertanya pasti para perempuan. Sedangkan pada kejuruan Otomotif, Juru Las, Teknisi/Listrik dan Mebel/Bangunan, hampir dipastikan semua pesertanya adalah laki-laki.

Fenomena ini selain karena dipengaruhi oleh minat dan bakat para pendaftar pelatihan, juga banyak dipengaruhi persepsi masyarakat tentang kecocokan antara profesi atau kesempatan kerja pada bidang tersebut. Selain itu pemberi kerja juga memiliki preferensi terhadap gender/jenis kelamin calon tenaga kerja pada jenis pekerjaan tertentu.

Namun demikian, akhir-akhir ini sudah mulai terjadi perubahan. Tampak fenomena-fenomena tak biasa seperti pada Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap 2 paket APBN TA. 2020 ini, terdapat peserta laki-laki pada 2 kejuruan yang biasanya hanya diikuti oleh para wanita, yaitu Kejuruan Pengolahan Hasil Pertanian (Pembuatan Roti dan Kue) dan Kejuruan Menjahit (Penjahitan Pakaian dengan Mesin). Karena sebenarnya di 2 bidang tersebut pun banyak profesi yang dilakukan oleh kaum pria seperti juru masak atau penjahit.

Semoga di masa yang akan datang akan mulai bermunculan juga para perempuan yang tertarik untuk mengikuti kejuruan-kejuruan yang selama ini hanya diminati oleh para laki-laki seperti otomotif, juru las, teknisi/listrik dan mebel/bangunan. Tentunya dengan harapan terjadi pula kesetaraan dalam kesempatan bekerja dalam bidang-bidang tersebut bagi kaum perempuan.


Logo Hari Jadi Bantul Ke-190

Info COVID-19

Sosial media

 

 

Tautan

Pengunjung
  • Pengunjung: 2786505
  • Online: 114
  • Hari ini: 1848