Berita

PBK KEJURUAN MEBEL DI UPTD BALAI LATIHAN KERJA DISNAKERTRANS KABUPATEN BANTUL

Sabtu Kliwon, 5 Desember 2020 15:09 WIB 168

foto

Salah satu kejuruan yang ada di UPTD Balai Latihan Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul adalah Kejuruan Mebel dan Bangunan. Salah satu sub kejuruan yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2020 ini adalah pelatihan Mebel.

Pelatihan ini termasuk yang kurang diminati oleh masyarakat khususnya di Kabupaten Bantul. Terlihat dari data pendaftar yang rata-rata dari tahun ke tahun hanya memenuhi kuota untuk 2 atau 3 kelas dengan jumlah peserta 16 orang per kelas. Rendahnya minat dan animo masyarakat pada kejuruan mebel dan bangunan dipengaruhi beberapa faktor. Salah satunya persepsi yang memandang pekerjaan di bidang mebel dan bangunan sebagai pekerjaan yang tidak memiliki prospek dari segi pendapatan dan masa depan.

Padahal di beberapa daerah, kejuruan dan pelatihan mebelair tetap menjadi favorit. Pertumbuhan industri mebel dan kayu baik skala besar, menengah dan kecil menjadi daya tarik bagi angkatan kerja untuk memiliki kompetensi di bidang mebel kayu. Industri mebel termasuk jenis usaha yang relatif stabil walaupun kondisi perekonomian sedang menurun. Ketrampilan dan kompetensi di bidang mebel juga dapat digunakan sebagai modal menjadi pekerja mandiri, wira usaha ataupun menjadi hobi yang menghasilkan profit.

Para peserta yang mengikuti pelatihan mebel di UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Bantul mendapatkan ilmu dan ketrampilan cara mengolah bahan kayu menjadi produk-produk mebel kayu yang kualitasnya tidak kalah dibandingkan hasil produk pengrajin kayu professional. Instruktur-instruktur kejuruan mebel bangunan yang mengajar pun sudah berpengalaman selama puluhan tahun di bidangnya.

Diharapkan pada masa-masa mendatang peminat kejuruan dan pelatihan mebel akan meningkat, seiring dengan perkembangan industri mebel di Kabupaten Bantul.

 

 


Info COVID-19

Sosial media

 

 

Tautan

Pengunjung
  • Pengunjung: 2427361
  • Online: 85
  • Hari ini: 508