Berita

PELATIHAN MENJAHIT PAKAIAN DENGAN MESIN DI UPTD BALAI LATIHAN KERJA KABUPATEN BANTUL

Sabtu Kliwon, 3 Juli 2021 13:46 WIB 87

foto
Pelatihan Menjahit Pakaian dengan Mesin di BLK Bantul

Saat ini, UPTD Balai Latihan Kerja Kabupaten Bantul sedang melaksanakan kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) APBN Tahap II Tahun 2021. PBK telah dilaksanakan mulai tanggal 15 Juni 2021 yang diawali dengan pelatihan softskill dan dilanjutkan dengan pelatihan sesuai kejuruan. PBK yang sedang terlaksana pada tahap ini terdiri dari 7 program pelatihan. Program pelatihan tersebut antara lain Pembuatan Roti dan Kue, Teknisi Refrigeration Domestik, Service Sepeda Motor Injeksi, Service Sepeda Motor Konvensional, Finishing dengan Teknik Oles, Pengelasan SMAW 3G/PF, serta Menjahit Pakaian dengan Mesin.

Program Pelatihan Menjahit Pakaian dengan Mesin merupakan salah satu pelatihan yang banyak diminati oleh masyarakat. Terdapat satu kelas pada pelatihan ini, dimana satu kelas terdiri dari 16 peserta. Pada prakteknya, satu peserta mendapatkan fasilitas satu mesin jahit sehingga tidak perlu bergantian dengan peserta lain. Kain yang digunakan untuk pelatihan juga disediakan sehingga tidak perlu membawa atau membeli sendiri.

Peserta mengikuti pelatihan sesuai dengan kurikulum yaitu mengikuti prosedur keselamatan dan kesehatan kerja, mengukur tubuh pelanggan sesuai dengan desain, membuat pola busana dengan teknik konstruksi, memotong bahan, menjahit dengan mesin, melakukan penyelesaian akhir busana, melakukan pengepresan (pressing) dan mengawasi mutu pekerjaan di lingkungan busana. Pelatihan pada minggu ketiga ini, peserta telah menghasilkan produk berupa rok dan blus yang dilaksanakan sesuai dengan kurikulum. Produk pakaian yang dibuat berdasarkan ukuran badan masing-masing peserta sehingga nantinya dapat dipakai sendiri.


Logo Hari Jadi Bantul Ke-190

Info COVID-19

Sosial media

 

 

Tautan

Pengunjung
  • Pengunjung: 2616472
  • Online: 15
  • Hari ini: 881