Berita

PELATIHAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS TENAGA KERJA

Rabu Pahing, 13 Oktober 2021 11:27 WIB 30

foto
Pelatihan peningkatan produktivitas tenaga kerja di sentra industri gula batu dan gula merah "Gendis Sari Abadi"

Produktivitas sering digunakan sebagai tolok ukur dalam  kegiatan produksi untuk menilai tingkat efisiensi yang terjadi antara input dan output. produktivitas pada suatu perusahaan  sangat tergantung pada performa dan berbagai elemen lainnya secara keseluruhan. Di  UKM produktivitas tenaga kerja pada umumnya masih sangat rendah, hal ini dapat kita lihat dari kurang efektif dan efisiennya tenaga kerja dalam mengelola waktu, bahan dan hasil produksi serta sarana prasarana yang ada di UKM. Akibatnya produksi yang dicapai belum optimal terjadi  pemborosan waktu, bahan baku serta sarana prasarana lain.. Untuk membantu UKM dalam peningkatan produktivitas tenaga kerja pada tahun 2021 Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul menyelenggarakan pelatihan peningkatan produktivitas tenaga kerja di  6 UKM di wilayah Kabupaten Bantul .Enam (6) UKM tersebut adalah Kripik Sagu Mbok Jirah, Fafa Bakery, Perusahaan helm H&L, perusahaan cetakan roti dan alat alat rumah tangga “Tri Star’, sentra industri gula batu dan gula merah Gendis Sari Abadi dan Alif Bakery & Cookies.

Hari Rabu sampai hari Jum’at , tgl 13 Oktober sampai 15 Oktober 2021 Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan pelatihan peningkatan produktivitas tenaga kerja di sentra industri gula batu dan gula merah Gendis Sari Abadi, Karanganom, Wonokromo, Pleret, Bantul, yang diikuti oleh 20 orang peserta yang terdiri  dari karyawan dan pemilik perusahaan.  Dalam kegiatan pelatihan ini penekanannya adalah untuk membantu UKM dalam upaya peningkatan produktivitas yang dapat dilakukan dengan 4 (empat) metode yaitu dengan 5R, kaizen, gugus kendali mutu (gkm) dan sumbang saran.

Dengan pelatihan peningkatan produktivitas ini diharapkan terbuka komunikasi antara pemilik  dan karyawan, terwujud satu visi dan misi yang sama, sehingga UKM akan lebih maju dan berkembang, karyawan juga semakin sejahtera.

Berdasarkan hasil monitoring yang telah kami lakukan terhadap UKM yang sudah mengikuti pelatihan ini beberapa tahun yang lalu, hasilnya sangat luar biasa. Dari sisi karyawan semakin bersemangat, proses produksi berjalan lancar sesuai standar , tempat kerja semakin tertata rapi dan hiegenis, hasil produksi semakin berkwalitas dan meningkat. Dari sisi pemilik/pengusaha semakin mudah untuk mengatur karyawan, manajemen usaha semakin baik, omzet juga meningkat.


Logo Hari Jadi Bantul Ke-190

Info COVID-19

Sosial media

 

 

Tautan

Pengunjung
  • Pengunjung: 2723666
  • Online: 21
  • Hari ini: 267