Berita

PEMBERANGKATAN TRANSMIGRASI TAHUN 2017

Rabu Pon, 7 Februari 2018 15:20 WIB 1574

foto
 

Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi kembali memberangkatkan 12 kepala keluarga ke beberapa lokasi transmigrasi di Pulau Sumatera, dan Sulawesi.   Pemberangkatan dilaksanakan di Transito Kabupaten Bantul, setelah dilaksanakan penampungan selama satu hari. Dalam penampungan tersebut dilaksanakan seleksi terakhir dan pemeriksaan kesehatan.

Pemberangkatan pertama dilaksanakan pada akhir bulan Nopember 2017, calon transmigran diberangkatkan ke UPT Kabera Kecamatan Bungku Barat Kabupaten Morowali Provinsi Sulawesi Tengah sebanyak 2 KK terdiri dari 6 jiwa. Pemberangkatan kedua dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2017, ke UPT Parudongka Kecamatan Routa Kabupaten Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara sebanyak 5 KK terdiri dari 17 jiwa. Pemberangkatan ketiga dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2017, yaitu ke UPT Simpang Tiga  SP 5 Kecamatan Tulung Selapan Kabupaten Ogan Komering Ilir Provinsi Sumatera Selatan sebanyak 3 KK terdiri dari 11 jiwa dan ke UPT Bukit Aren Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo Provinsi Gorontalo sebanyak 2 KK terdiri dari 2 jiwa. Semua calon transmigran yang diberangkatkan mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Kabupaten Bantul berupa uang sebesar Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah)

Calon transmigran yang diberangkatkan telah menjalani proses seleksi, pelatihan dan penampungan. Seleksi dilakukan secara admintratif yaitu dengan meneliti kelengkapan administrasi kependudukan calon transmigran. Seleksi juga dilakukan dengan mengumpulkan informasi tentang calon transmigran dari aparat desa maupun masyarakat disekitar calon transmigran tinggal. Calon transmigran juga telah mendapatkan pelatihan selama 4 (empat) hari, pelatihan ini dilaksanakan berkat kerjasama Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Bantul dengan Instiper Yogyakarta, Dinas PPKP Kabupaten Bantul, dan instansi di Kabupaten Bantul. Sebelum diberangkatkan calon transmigran ditampung ditransito Kabupaten Bantul unrtuk mengikuti seleksi terakhir dan pemeriksaan kesehatan.

Untuk tahun 2018 Kabupaten Bantul mendapatkan kuota penempatan sebanya 30 kepala keluarga yang tersebar di Pulau Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi, dengan perincian sebagai berikut:

Rencana Penempatan Transmigrasi tahun 2018

NO PROPINSI/KABUPATEN/LOKASI JENIS/POLA JML KK
1 NANGRO ACEH DARUSSALAM    
  UPT Sigulai  Kecamatan Simeulue Barat Kabupaten Simeulue TU-TPLK 2
2 SUMATERA BARAT    
  Padang Tarok SP 1 kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung TU-TPLK 3
3 KALIMANTAN BARAT    
  UPT Tanjung Satai SP 3 Kecamatan Pulau Maya Kabupaten Kayong Utara TU-TPLB 4
4 KALIMANTAN TIMUR    
  Desa Keladen Kecamatan Tanjung Harapan Kabupaten Paser TU-TPLK 5
5 KALIMANTAN UTARA    
  Tanjung Buka SP 6B Kecamatan Tanjung Palas Tengah Kabupaten Bulungan TU-TPLB 7
6 SULAWESI TENGGARA    
  Desa Raimuna Kecamatan Maligano Kabupaten Muna TU-TPLK 2
7 SULAWESI TENGAH    
  UPT Kabera Kecamatan Reko Reko Kabupaten Morowali TU-TPLK 2
8 GORONTALO    
  UPT Ayumolingo Kecamatan Pulubala Kabupaten Gorontalo TU-TPLK 2
  Lokasi Trans Sandalan Kecamatan Taluditi Kabupaten Pohuwato TU-TPLK 3
     

 

 

Untuk syarat pendaftaran; Ber KTP Bantul, umur 18 – 50 tahun, sudah menikah, belum pernah transmigrasi, sehat jasmani dan rohani, memiliki semangat dan tekad untuk bertransmigrasi. Pendaftaran dapat dilakukan di Transito Kabupaten Bantul, Jalan WR Supratman nomor 6 Bantul (belakang Masjid Agung Manunggal Bantul) dengan membawa foto copy KTP suami istri, foto copy buku nikah dan foto copy kartu keluarga masing- masing 1 lembar.