Berita

Bimbingan Teknis Pembuatan Struktur Skala Upah Untuk Menciptakan Iklim Usaha Yang Kondusif di Perusahaan

Kamis Pahing, 6 Februari 2020 12:26 WIB 111

foto

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul di awal kegiatan Tahun 2020 kembali mengadakan Bimbingan Teknis Pembuatan Struktur Skala Upah Untuk Menciptakan Iklim Usaha Yang Kondusif di Perusahaan dalam rangka pelaksanaan Program Perlindungan Tenaga Kerja Dan Pengembangan Lembaga Ketenagakerjaan.

Kegiatan yang dimulai pada 3 Februari 2020 di Gedung AR. Fachruddin A Universitas Muhammadiyah Yogyakarta tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul Bapak Drs. Sulistyanto, M.Pd.

Dalam sambutannya, Bapak Drs. Sulistyanto, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Peraturan Pemerintah Nomor 78 Tahun 2015 tentang Pengupahan, serta Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 2017 tentang Struktur dan Skala Upah.

Pasal 2 ayat 1 Permenaker nomor 1 Tahun 2017, menyebutkan bahwa struktur dan skala upah wajib disusun oleh pengusaha dengan memperhatikan golongan, jabatan, masa kerja, pendidikan dan kompetensi. Tujuan kegiatan Bimbingan Teknis Struktur dan Skala Upah ini adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang tata cara penyusunan struktur dan skala upah sesuai ketentuan Perundang-undangan dan Peraturan yang berlaku.

Adapun narasumber dalam kegiatan tersebut dihadirkan pejabat dari lingkungan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Daerah Istimewa Yogyakarta dalam hal ini Bapak R. Darmawan, SH.M.Hum (Kasi Pengupahan dan Jaminan Kerja).

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Kesejahteraan Pekerja Disnakertrans Kabupaten Bantul Ibu Annursina Karti, SH dalam laporan penyelenggaraan kegiatan menyampaikan bahwa bimtek didanai anggaran APBD 2020 akan yang akan dilaksanakan sebanyak empat  (4) angkatan dan sesuai rencana semua akan dilaksanakan pada bulan Februari 2020 dengan peserta masing-masing angkatan sebanyak 60 orang yang terdiri dari perusahaan-perusahaan di wilayah Kabupaten Bantul. Angkatan pertama dan kedua dilaksanakan pada tanggal 3 dan 4 Februari, sedangkan angkatan ketiga dan keempat rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 Februari 2020. Untuk itu kepada perusahaan-perusahaan di Bantul yang ingin mengikuti Bimtek masih ada kesempatan untuk mendaftarkan diri sebagai peserta dengan menghubungi CP. (082133209727) an. Rina Dwi Kumaladewi, SH.